Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Hal-hal mengenai bumi

Artikel Terkait:

    Secara umum bumi kita terdiri atas ±30% daratan dan ±70% perairan, sehingga bumi juga disebut planet air. Permukaan bumi dibagi menjadi dua, belahan bumi utara dan belahan bumi selatan yang dipisahkan garis ekuator, dan juga dibagi menjadi belahan bumi timur dan belahan bumi barat yang terbentang dari garis 0' sampai dengan 180'.
    Menurut para ahli bumi bermula dari bola batu yang cair hingga wujudnya seperti sekarang. Kurang lebih 4.600 juta tahun lalu bumi terbentuk di jagat raya. Setelah berjuta-juta tahun, massa batuan mendingin dan terbentuklah bumi. Pendinginan hanya terjadi dibagian luar, sedangkan di bagian dalam merupaka masa batuan cair yang panas. Massa batuan itulah yang disebut magma. Magma dapat keluar melalui retakan kerak bumi dan membeku di permukaan.
    Unsur bumi yang lainnya adalah gas. Gas itu tetap berada dalam bumi dan menjadi lapisan, lapisan itu dinamakan atmosfer. Sebagian gas lain menjadi bagian angkasa luar. Gas ini yang disebut eksosfer. Gas tersebut tetap menyelubungi bumi karena ada gaya gravitasi.
    Kurang lebih 200 juta tahun lalu, permukaan bumi berwujud satu pulau  yang sangat besar yang dikelilingi samudera. Karena adanya gaya rentang pada kerak bumi, ini menyebabkan pulau itu terpisah menjadi enam benua.
    Panjang diameter bumi pada khatulistiwa adalah 12.756.776 meter, sedangkan jika di ukur melalui kutub jaraknya adalah 12.713.824 meter. Luas permukaan bumi seluruhnya adalah 510.101.000 km2. Bumi berotasi dengan kecepatan rata-rata 464,82 meter per detik. Pada waktu berevolusi bumi memiliki kecepatan rata-rata 302.567 km per detik. Perjalanan bumi dalam satu tahun diperkirakan sejauh 1.100.693.000 km.
    Bumi berotasi 23 jam 56 menit, karena itu bumi dibagi menjadi 24 daerah waktu. Tiap daerah waktu punya lebar 15derajat. Jadi perbedaan tiap 15 derajat adalah 1 jam. Berat bumi diperkirakan 5,976x10^21 ton
Share

0 komentar:

Post a Comment